Oke, perjuangan LK udah, habis itu
apalagi ya yang ‘menarik’ di profesi saya ini..hmm..oh ya, pokoknya segala
kesalahan-kesalahan bodoh yang bukan karna ketidaktelitian saya, tapi karna
asli saya ga tau kalo itu salah. Misalnya, salah data SPM-SP2D sebelum
rekonsiliasi bulanan, salah data pas buat LK bulanan, sampe pernah juga salah
akun pas buat SPM GU. Parah kan? Yang pernah megang bendahara pasti tau itu
parah, karna ribet urusannya cuy. Ga bisa semudah itu ngubah angka 1 jadi 2,
ngubah statement A jadi B. Sekali
anda berbuat kesalahan, maka anda harus me-roll
back, tau dimana kesalahannya, dan memperbaikinya dengan prosedur, yang
menurut saya, njelimet.
Makanya saya banyak-banyak baca Basmalah sama Ayat
Kursy deh, biar ga ada setan jahil yang bisikin saya supaya salah. Dan sampe
saat ini, basmalah dan Ayat Kursy selalu saya baca sebelum ke KPPN, hihi, lebay
ya? Masalahnya saya terlalu banyak masalah di KPPN. Apalagi kalo udah
berhubungan sama pengajuan SPM kontrak. Ondeh mandehhh..angkat jempol kalo bisa
lolos tanpa salah. Karna adaaa aja salahnya, mulai dari kurang dokumen
pendukung, salah input data kontrak, bahkan yang terlihat sepele seperti salah
uraian di SPM, itu bakal mampu bikin saya nangis balik-balik dari KPPN karna
ditolak mentah-mentah.
Belum lagi kalau tiba-tiba ada
deadline pekerjaan dadakan. Laporan yang bahannya harus dilihat dan dicek
dengan teliti dari berbagai sumber laporan, cuma dikasih waktu sehari. Candi
aja selesai dalam semalam, masa laporan aja ga selesai. Mungkin yang nyuruh itu
mikir setiap bendahara ada jin yang bantuin kerjaannya, hahaha XD. Tambah lagi
rasa campur aduk antara sebel, tapi ga enak, tapi mau gimana juga setiap orang
kantor pada minta ini itu dicairin. Kalau masih sabar sih masih bisa jawab,
“Sabar ya Bapak, Ibu, sedang saya usahakan..”. Tapi kalau udah bete sampe
diubun-ubun, pengen rasanya nyolot jawab, “Minta-minta duit mulu, emang gw emak
lo yang punya pohon duit? Minta sana sama emak lo!”. Tidak pahamkah mereka kalo
ngeluarin honor/upah/transport/apapun itu ga semudah mengeluarkan duit dari
saku. Banyak pertanggungjawaban yang musti dibuat dulu, dan itupun ga bisa
seenak udel buatnya, musti sesuai aturan dan format yang berlaku. Kalo ngasal
buru-buru pun endingnya saya yang ribet sendiri ngurus salahnya itu, yang lain
mah adem ayem aje. HuFt b4n9edhhh.. (kenapa saya jadi curhat bin ng4L4Y gini yaa -.-“).
Pokoknya banyaaak banget cerita
pahit manis selama hampir 4 bulan saya resmi menjadi bu ben. Capek juga kalau
harus saya tulis semua di sini. Ga semua pembaca blog saya juga mau baca cerita
segitu panjangnya kan? Kalau bersedia ‘mendengar’ lebih banyak lagi, saya
bersedia kok menceritakannya langsung ke anda lengkap dengan mimik yang pas, well yeah mungkin dengan sedikit
dramatisir, hehe. Oke, sampai di sini dulu tulisan saya, besok-besok sepertinya
akan saya lanjutkan dengan postingan yang berkaitan dengan ini. Sebelum
mengakhirinya, ada satu pesan yang ingin saya sampaikan melalui tulisan ini:
Jangan pernah meremehkan sesuatu. Pekerjaan, apapun itu,
mungkin terlihat mudah dan biasa saja jika orang lain yang mengerjakan,
sehingga kita bisa seenaknya berkata “ah masa gitu aja ga bisa” “lambat sekali
kamu ngerjainnya” “ga bener nih ngerjainnya”. Padahal bisa jadi pekerjaan itu
tidak semudah kelihatannya, dan bisa jadi orang yang kamu rendahkan itu bisa
mengerjakannya lebih baik daripada kamu.
Dini..sabar ya..
BalasHapusCeritanya bikin terharu, tapi seru sih, dan paragraf terakhirnya itu aku sukaaaaa ^_^
Like this deh....